BUDIDAYA DURIAN MENOREH KUNING DAN PEMBIBITAN VARIETAS UNGGUL NASIONAL

Oleh: INDUK DURIAN MENOREH KUNING DAN PEMBIBITAN  04/03/2012
Kata kunci: Durian, durian menoreh, bibit durian

Mengingat akhir-akhir ini, permintaan dan peminat terhadap Durian Menoreh Kuning semakin melonjak, padahal harga durian tergolong tinggi dibandingkan dengan durian lainnya. Ini adalah merupakan peluang yang memberikan keuntungan, bagi siapa saja yang berminat membudidayakan Durian Menoreh Kuning, sekaligus ikut melestarikan kekayaan Indonesia tercinta ini.  Cara bertanam bibit durian varietas unggul, adalah kunci sukses, yang tentunya diimbangi wawasan yang lebih luas, ulet-tekun, dan mau bekerja keras.

Berdasarkan dari pengamatan Eliyadi, para penangkar lokal  menggunakan sistim mata tunas untuk menyambung benih. Hal ini disebabkan karena populasi pohon induk masih sangat terbatas. Bahkan pohon induk yang masih belum pernah berbuah pun, sudah diambil entresnya untuk disambungkan, hanya sekedar untuk memenuhi jumlah target para pemesanan. Dengan demikian, maka jelas kualitas pembibitan dapat dipertanyakan? Teknik penangkaran yang benar adalah mengambil entres pucuk ranting dari pohon induk yang sudah pernah berbuah dan minimal berumur 30 tahun keatas. Induk Durian Menoreh milik Eliyadi sudah berumur 157 lebih, kelebihan lain adalah produksi buah bisa mencapai lebih 300 buah hingga sampai sekarang dan tetap berdiri kokoh.

          Kelemahan lain, para penangkar mencari dari benih biji durian yang beredar di pasaran, padahal tidak diketahui kualitas. Para penangkar benih durian, umumnya mengumpulkan biji durian dari para penjual durian  kakilima. Biji-biji durian inilah yang kemudian dikumpulkan. Dengan biji yang berasal dari bermacam durian ini, bisa kita bayangkan betapa beragamnya kualitas batang bawah nantinya.

Kata kunci: bibit durian, Durian, durian menoreh

Kontak INDUK DURIAN MENOREH KUNING DAN PEMBIBITAN

Website - Tidak ada disediakan

Email

Mencetak halaman ini

Memberikan