ION EXCHANGE (PENUKARAN ION) / Mix bed & double bed

ION EXCHANGE (PENUKARAN ION) / Mix bed & double bed dari BANYU BIRU SEJATI

Oleh: BANYU BIRU SEJATI  20/11/2010
Kata kunci: Kontraktor, water treatment, kontraktor water treatment plant

ION EXCHANGE (PENUKARAN ION)

Teknologi penukaran ion sebetulnya sudah digunakan selama bertahun-tahun dalam industri. Dalam perkembangannya, sekarang ini ada berbagai macam resin yang terdapat di pasaran untuk berbagai kebutuhan dan sistem regenerasi. Dengan demikian, memungkinkan adanya penghematan dalam investasi dan biaya operasional.  Peralatan penukaran ion yang paling sederhana digunakan di dalam softener dan yang lain adalah Double Bed Demineralizer serta Mix Bed Demineralizer.

•    Double Bed Deminerlizer
•    Mix Bed Demineralizer
Untuk menghilangkan kadar ion-ion lain dari dalam air, selain ion Ca dan Mg, maka peralatan yang dapat digunakan adalah Double Bed Demineralizer atau Mix Bed Demineralizer. Resin penukar ion positif dan ion negatif dimasukkan ke dalam dua tangki yang berbeda di dalam Double Bed Demineralizer. Sementara pada Mix Bed Demineralizer, kedua jenis resin penukar ion tersebut dimasukkan di dalam satu tangki yang sama.

 Prosesnya menggunakan resin yang dapat menukar ion negatif (anion) dan ion positif (kation) dari dalam air. Dengan cara ini, akan diperolah air dengan kemurnian yang jauh lebih tinggi daripada air baku. Proses regenerasi pada Double Bed Demineralizer dan Mix Bed Demineralizer dapat dilakukan dengan manual atau automatis berdasarkan waktu atau kadar zat padat terlarut dalam air produk).

Kata kunci: Kontraktor, kontraktor water treatment plant, water treatment,