PENYUSUNAN STANDARD KERJA SOP MANAJEMEN RETAIL, KONSULTASI SOP RITEL MINIMARKET, KONSULTAN MINIMARKE

Oleh: KONSULTAN MANAJEMEN PERUSAHAAN  25/10/2012
Kata kunci: Jasa, Consultant, Konsultan Manajemen

PENYUSUNAN STANDARD KERJA SOP MANAJEMEN RETAIL, KONSULTASI SOP RITEL MINIMARKET, KONSULTAN MINIMARKET. Info 081389411679, 081932985325 JAKARTA http://konsultanmanajemenbisnis.com Manajemen retail minimarket saat ini berkembang pesat seiring dengan berkembangnya dunia usaha dan bertumbuhnya berbagai macam retail di pasaran. Namun dalam sisi lain retailer juga menghadapi kendala dalam manajemen retail itu sendiri terutama menyangkut pembuatan standard kerja atau penyusunan sistem manajemen operasional sop (standard operating procedures). Jika anda ingin membuka usaha dibidang retail lebih baik disiapkan manajemen retail dengan baik dan benar sehingga menghindari berbagai persoalan manajemen di kemudian hari dan memudahkan anda untuk bekerja dan mengontrol usaha anda. Berikut ini isi dari standar kerja atau sop manajemen retail yang biasa ada. Untuk membuatnya anda bisa menghubungi kami untuk menjadi konsultan retail anda. 1. SOP Proses Pengadaan Barang Adanya kesediaan dan stok yang lengkap menjadi salah satu competitive advantage di usaha retail anda dibandingkan dengan usaha sejenis di tempat lain. Oleh karena itu kelengkapan produk bisa menjadi salah satu pilihan penting bagi customer untuk menjadi customer loyal anda. Standard Operating Procedure yang harus ditetapkan dalam usaha ini adalah proses identifikasi kebutuhan barang yang dikaitkan dengan frekuensi pembelian, proses pengadaan stock barang itu sendiri serta pemeriksaan waktu return atau expired date dari barang itu sendiri. SOP Proses Pengadaan Barang juga membuat kelengkapan toko anda menjadi tidak pernah kosong karena memudahkan adanya antisipasi dan memudahkan adanya proses pencarian dan pengadaan stok barang sehingga customer selalu puas dengan kelengkapan barang di tempat anda. 2. SOP Pelayanan (Business Service Excellence). Pelayanan pelanggan merupakan hal penting dan menjadi sangat kompetitif di era saat ini dimana customer is king yang bisa saja secara emosional tidak merasa nyaman karena usaha retail anda tidak bisa memberikan sikap dan pelayanan yang ramah, rendah hati dan memuaskan kepada customer. SOP Pelayanan mengatur bagaimana sikap dan perilaku seorang staff dalam melayani pelanggan, apalagi bagi karyawan baru yang tidak mengerti dan belum faham dunia usaha, maka sop pelayanan menjadi penting dibentuk. 3. SOP Inventory Salah satu bagian terpenting dari manajemen retail adalah adanya penetapan inventory. Sistem inventory dibagi menjadi dua yaitu inventory swalayan dan non swalayan. Bisnis retail dengan sistem inventory swalayan artinya menetapkan proses penggabungan stock barang ke area pelayanan, dimana meskipun dapat menstimulus peningkatan penjualan juga beresiko adanya kehilangan barang. Sedangkan sistem inventory dengan sistem non swalayan cenderung beresiko rendah namun harus memperhatikan penataan secara tepat agar dapat menarik pelanggan. Bisnis retail harus dapat memperhatikan adanya proses pemeriksaan terhadap status stock yang dijalankan secara terus-menerus dalam periode rutin, pencatatan terhadap status stock adalah parameter penting yang harus dievaluasi. 4. SOP Finance Accounting Kondisi manajemen retail yang cepat, membuat pemilik harus melakukan proses up date harga secara tepat dan akurat. Pastikan dalam proses penyusunan SOP Finance Accounting, pihak manajemen memperhatikan status laporan pembelian dan penjualan barang secara akurat serta survey harga untuk memastikan bahwa harga yang Anda tetapkan bukanlah harga yang terlalu tinggi yang di kemudian hari dapat beresiko beralihnya bisnis Anda atau juga harga yang terlalu rendah, sehingga Anda sulit untuk membeli kembali barang untuk dijual. Penetapan COGS (Cost of Good Sold) menjadi nilai penting untuk transaksi bisnis yang Anda kembangkan. Bagaimana dengan bisnis dan usaha Anda saat ini? Peningkatan omset yang tinggi sebaiknya dibarengi dengan manajemen retail yang tepat dan akurat. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk mendamping bisnis Anda Penyusunan Standard Kerja SOP Manajemen Retail, Konsultasi SOP Ritel, Konsultan Minimarket. Info 081389411679, 081932985325 JAKARTA http://konsultanmanajemenbisnis.com

Kata kunci: Consultant, Jasa, Jasa Konsultan Manajemen, konsultan bisnis, Konsultan Manajemen