L3 ZUPPA SOUP

Oleh: CAHAYATERANG PERDANA  24/09/2010
Kata kunci: perdagangan umum, waralaba/franchising

Banyak orang telah merasakan nikmatnya menyeruput sup kental beraroma harum yang dihidangkan sebagai menu pembuka pada pesta makan malam, atau sebagai makanan penghangat sebelum menyantap sandwich.


Sup beraroma harum dan rasanya gurih yang selalu membuat ketagihan ini popular dengan nama zuppa soup. Hidangan zuppa soup biasanya terdiri dari puff pastry tipis renyah, yang menutup mangkuk berisi sup kental terbuat dari campuran daging, susu cair, bawang putih, dan aneka bumbu lainya.


Banyak kisah dibalik asal-usul hidangan Zuppa Soup. Kisah tradisional bangsa Italia mencatat Zuppa alla Pavese pertama kali dibuat tahun 1525 di kota Lombardy. Tatkala itu terjadi peperangan antara pemberontak Perancis, Spanyol, dan Switzerland untuk merebut kekuasaan raja Itali. Dalam pemberontakan tersebut, penguasa Itali dapat melumpuhkan musuhnya. Seusai perang, sang raja singgah di sebuah cottage untuk mengisi perut. Sang koki berupaya menghidangkan sajian istimewa membuat sup yang terdiri dari campuran telur, mentega dan keju. Inilah cikal bakal hidangan yang kita kenal sekarang sebagai Zuppa Soup.


Sumber lain menyebutkan kata “suppa” [soup, soupe, sop, sopa, sopen, zuppa] aslinya dari kata Frankish[Franks, rumpun bangsa Jerman yang terkenal sangat perkasa, dahulu datang mendiami Gaul, bekas provinsi Roma dan akhirnya menjadi Perancis].

Kata kunci: perdagangan umum, waralaba/franchising