Air Mancur Alun Alun Pontianak (Pontianak Waterfront Fountain)

Air Mancur Alun Alun Pontianak (Pontianak Waterfront Fountain) dari Esparindo Dayamegah

Oleh: Esparindo Dayamegah  05/01/2011
Kata kunci: Air Mancur, Peralatan Air Mancur

 Air mancur yang terletak di alun-alun kota Pontianak (samping sungai Kapuas) di Jalan Rahadi Usman ini diresmikan oleh Walikota Pontianak pada tanggal 31 Desember 2010. Air mancur ini terbilang unik karena kolam air mancur terhubung langsung dengan Sungai Kapuas.

Posisi permukaan air terpengaruh oleh pasang surut sungai sehingga merupakan tantangan terbaru bagi PT Esparindo Dayamegah. Seperti yang telah diketahui, bila posisi level air berubah, maka geometric head pada pompa juga berubah, dan pada akhirnya mempengaruhi tinggi semburan air mancur.

Selain itu dalam segi instalasi, terdapat perbedaan pada instalasi antara kolam biasa dan kolam pasang surut dan merupakan suatu halangan besar yang harus diatasi. Halangan tersebut dapat berupa rancangan yang harus memenuhi nilai estetika, pemasangan pemipaan, posisi pompa, cara mengatasi sampah dari sungai, ruang pompa yang kedap air, kelistrikan, dan lain-lain dapat diatasi dengan baik.

Bagi anda calon pelanggan yang tertarik untuk memasang air mancur, kami persilahkan untuk menghubungi PT Esparindo Dayamegah.

Kata kunci: Air Mancur, Peralatan Air Mancur