Short Course “Status Hubungan Kerja dan Ketentuan Jam Kerja Normatif di Indonesia (Training)

Short Course  “Status Hubungan Kerja dan Ketentuan Jam Kerja Normatif  di Indonesia (Training) dari Indo Human Resource

Oleh: Indo Human Resource  15/05/2012
Kata kunci: public training

Short Course

“Status Hubungan Kerja dan Ketentuan Jam Kerja Normatif  di Indonesia”

Selasa, 26 Juni 2012, Epicentrum Walk Office, Jakarta

 


Latar Belakang:

Dalam era globalisasi dan tuntutan persaingan pasar maka pengusaha lebih menginginkan organisasi yang efektif dengan jumlah pekerja tetap yang seminimal mungkin tetapi mendapat hasil yang seoptimal mungkin. Untuk itu pengusaha hanya menangani pekerjaan yang menjadi core bisnisnya sedangkan pekerjaan penunjang dikontrakkan kepada jasa penunjang. Dalam KUH Perdata Pasal 1604 diatur dalam hubungan kerja karena adanya perjanjian pemborongan pekerjaan. Dalam praktek saat ini pelaksanaan labor supply berbeda dengan pemborongan pekerjaan, karena yang diinginkan suatu perusahaan adalah jasa pekerja sedangkan hubungan kerja, pemberian hak-hak pekerja ditanggung oleh perusahaan yang menyediakan pekerjaan. Demikian juga permasalahan ketenagakerjaan dapat dieleminer dengan adanya perusahaan lain yang menangani pekerjaan penunjang, dimana hubungan kerja pekerja langsung ditangani pemborong atau penyedia jasa tenaga kerja.

Saat ini juga banyak perusahaan yang menyalahi aturan normatif dalam penentuan jam kerja, lembur, cuti dan sebagainya. Hal tersebut menyebabkan kerugian pada masing-masing pihak, baik kepada pengusaha maupun kepada pekerja. Atas dasar itulah kami menyelenggarakan short course untuk mengupas tuntas tentang hubungan kerja dan ketentuan jam kerja yang normatif di Indonesia.

 

                Silabus Pelatihan:


·         Status Hubungan Kerja

-         PKWT

-         PKWTT

-         Harian/Lepas

-         Outsourcing

 

 

 

 

·         Ketentuan Jam Kerja, Lembur, Libur dan Cuti

-         Batasan jam kerja normal

-         Definisi Lembur

-         Cara Menghitung Upah Lembur

-         Definisi Libur Mingguan

-         Hak Cuti Tahunan

-         Hak Cuti Khusus

-        Hak Cuti Panjang


Nara Sumber:

Basani Situmorang, SH, MHum

Beliau adalah seorang staff ahli direksi PT Jamsostek Bidang Hukumsejak tahun 2001. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai  Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI Bidang Ketenagakerjaan(periode 2000-2004), mantan Staff Ahli Menteri Tenaga Kerja Bidang Hukum dan Hubungan Industrial(periode2000-2002), mantan Kepala Kepaniteraan Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) periode 1998-2000, dan juga pernah menjabat sebagai mantan Kepala Biro Hukum Departemen Tenaga Kerja RI periode 1992-1998. Selain itu beliau juga pernah menjadi Kepala Bagian Perundang-undangan Departemen Tenaga Kerja RI periode 1983-1992. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Kepala Sub. Bagian Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Departemen Tenaga Kerja RI, sebagai Anggota Panitia Khusus DPR RI  dan Tim Perumus :  Undang-Undang No.13 Th.2003 Ketenagakerjaan), Undang-undang No.21 Th.2000 ( Serikat Pekerja), dan Undang-undang No.2 Th.2004 (PPHI), Konsultan Industrial Relation PT  Astra Group,dan saat ini beliau  juga sebagai Pengajar pada Program Pasca Sarjana Universitas Krisna Dwipayana (UNKRIS) Jakarta. 

 

Investasi :

Rp. 1.500.000 / orang, Rp. 2.800.000,-/ 2 orang

Sudah termasuk Coffe Break 2x, Makan siang, Seminar Kit, Sertifikat. Biaya investasi di transfer ke Bank BCA Cabang Epicentrum Walk A/C. 5055-016515 a.n PT Indo Human Resource. Bukti transfer di fax ke 021-29941055

 

Registrasi dan Informasi :

Hubungi                      : Ms. Winda / Ms. Nurhayatin

Telp                               : (021) 299-41058, (021) 299-41059,

Email                            : , [email protected]

Kata kunci: public training