Industrial Relation Concept " Konsep Hubungan Industrial (Hukum Perburuhan) Yang Normatif

Industrial Relation Concept " Konsep Hubungan Industrial (Hukum Perburuhan) Yang Normatif dari Indo Human Resource

Oleh: Indo Human Resource  29/04/2011
Kata kunci: public training

One Day Workshop

”Konsep Hubungan Industrial (Hukum Perburuhan) Yang Normatif” Batch 10

Bonus: CD Kumpulan Regulasi Ketenagakerjaan (UU, PP & Kepmen)

Rabu, 11 Mei 2011, Epicentrum Walk Office, Jakarta

Latar Belakang:

Pemahaman aspek regulasi terkait pelaksanaan hubungan ketenagakerjaan oleh para pelaku hubungan industrial di Indonesia baik itu Pekerja/Buruh, Pengusaha maupun unsur pemerintah dalam hal ini pegawai Depnakertrans harus diakui masih jauh dari harapan. Sosialisasi yang relatif minim dan kesadaran untuk memahami yang masih rendah sering dijadikan kambing hitam atas kondisi tersebut.  Kebijakan ketenagakerjaan yang berlaku di suatu perusahaan banyak yang dbuat atas pertimbangan "Bagaimana Biasanya?" tanpa mengetahui dasar hukumnya atau memahami "Bagaimana Semestinya".

Atas dasar itu, maka kami menyelenggarakan pelatihan Konsep Hubungan Industrial ini dengan harapan mampu menjadi salah satu sarana bagi para pelaku bisnis untuk memahami bagaimana ketentuan ketenagakerjaan yang normatif diatur.  Melalui pelatihan ini para peserta selain akan dapat memahami konsep hubungan industrial melalui metode tutorial dan diskusi juga akan dibekali dengan CD kumpulan regulasi ketenagakerjaan sebagai bahan referensi.

                Silabus Pelatihan:


·         Pengantar Hubungan Industrial

·         Norma Dalam Hubungan Industrial

·         PP, KKB dan Perjanjian Kerja

·         Serikat Pekerja & Komposisinya

·         Pemogokan & Lock Out

·         Status Hubungan Kerja

·         Ketentuan Jam Kerja & Lembur

·         Ketentuan Libur & Cuti

·         Ketentuan Pengupahan

·         Perselisihan Hubungan Industrial

·         Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Nara Sumber:

1.   Mohammad Mustaqim, MM, AAAIJ, QIP

Beliau adalah salah satu pendiri PT. Indo Human Resource yang saat ini aktif sebagai konsultan Sumber Daya Manusia selain juga aktif sebagai staf pengajar di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman sebagai praktisi di bidang penanganan SDM pada dua buah perusahaan multinasional dari Eropa selama periode tahun 2000-2005.  Untuk jenjang pendidikan, beliau menyelesaikan program Sarjana Ekonomi dan program Magister Manajemen-nya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.  Beberapa proyek yang pernah ditangani beliau antara lain: Penyusunan framework training penunjang kompetensi pada PT. PLN Persero (Pusat), Studi kelayakan program asuransi pendidikan bagi anak PNS (Proyek Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara), Pengembangan Job Evaluation & Salary System  pada PT. Asuransi Heksa Eka Life, Narasumber pelatihan Job Evaluation bagi pejabat Depnakertrans Pusat, Narasumber program pendidikan Asosiasi Broker Asuransi & Reasuransi Indonesia untuk materi MSDM plus Hubungan Industrial, Fasilitator penyusunan PKB PT. Tempo Inti Media, dan proyek-proyek lainnya.

2.  Basani Situmorang, SH, MHum

Beliau adalah seorang  staff ahli direksi PT Jamsostek Bidang Hukumsejak tahun 2001. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai  Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI Bidang Ketenagakerjaan(periode 2000-2004), mantan Staff Ahli Menteri Tenaga Kerja Bidang Hukum dan Hubungan Industrial(periode2000-2002), mantan Kepala Kepaniteraan Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) periode 1998-2000, dan juga pernah menjabat sebagai mantan Kepala Biro Hukum Departemen Tenaga Kerja RI periode 1992-1998. Selain itu beliau juga pernah menjadi Kepala Bagian Perundang-undangan Departemen Tenaga Kerja RI periode 1983-1992. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Kepala Sub. Bagian Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Departemen Tenaga Kerja RI, sebagai Anggota Panitia Khusus DPR RI  dan Tim Perumus :  Undang-Undang No.13 Th.2003 Ketenagakerjaan), Undang-undang No.21 Th.2000 ( Serikat Pekerja), dan Undang-undang No.2 Th.2004 (PPHI), Konsultan Industrial Relation PT  Astra Group,dan saat ini beliau  juga sebagai Pengajar pada Program Pasca Sarjana Universitas Krisna Dwipayana (UNKRIS) Jakarta. 

Investasi :

Rp. 1.500.000 / orang, Rp. 2.800.000,-/ 2 orang


Registrasi & Informasi:

Hubungi              : Ms.Winda

Telp                     : (021) 299-41058 , (021) 299-41059

Email                   : [email protected]


Kata kunci: public training