Cost Reduction in Purchasing

Oleh: Indo Human Resource  28/01/2010
Kata kunci: Training Organizers

Cost Reduction In Purchasing

Rabu – Kamis, 3 - 4 Maret 2010, Hotel Bumikarsa Bidakara, Jakarta

Latar Belakang

Banyak cara dilakukan oleh organisasi untuk meningkatkan profit margin, seperti meningkatkan sales, menaikan harga jual, menurunkan biaya overhead, Menurunkan biaya pembelian, dan lain-lain. Menurunkan biaya material tidak hanya bergantung pada harga beli. Ada faktor yang disebut Total Cost Ownership (TCO).  TCO seperti gunung es, terlihat dipermukaan indah dengan harga murah, tapi dibalikya ada kegagalan delivery, garansi, dukungan teknis, kualitas yang tidak sesuai harapan. Dalam workshop ini, peserta dibekali konsep dan teori agar biaya pengadaan material bisa turun dan juga cara mempraktekan metoda pendukung yang digunakan untuk mendapatkan Total Cost of Ownership yang optimal; seperti teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar, teknik Negosiasi yang effektif, serta teknik meningkatkan kinerja Supplier.

Tujuan

1.             Memahami Peran purchasing dalam supply chain

2.             Industrial buying behavior: decision making in purchasing

3.             Memahami Purchasing management process

4.             Mengenal dan Mempelajari proses Seleksi dan Evaluasi Supplier secara objective dan efektif

5.             Mempelajari dan mempraktekan Ketrampilan Negosiasi (Negotiation Skill) yang bisa memberikan Keuntungan bersama dengan supplier

6.             Mempelajari dan mempraktekan Proses Penilaian Kinerja Supplier secara objective


Sasaran Peserta

Para Manager purchasing, supply chain dan yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa dalam perusahaan


Materi

Basic Purchasing Processes and Activities

·Peran purchasing dalam supply chain

·Memahami pembelian material untuk industri (industrial buying behavior)

·Memahami purchasing management process

·Mempelajari Total Cost Ownership

·Mempelajari alur proses Seleksi vendor secara akurat, objektif sesuai sasaran perusahaan

·Mempelajari Risk Management dari Purchasing

·Mengenal apa yang dimaksud dengan RFP

·Memahami dan Mengembangkan RFP

·Menetapkan kriteria yang objective dalam seleksi dan evaluasi vendor

Seleksi dan Evaluasi Vendor

·Memahami dan berlatih mengembangkan Ketrampilan Negosiasi untuk mendapatkan Keuntungan Bersama (Win-Win Solution)

·Mengenal Tips & Trik Negosiasi

·Memahami metode dalam penilaian performa supplier secara objective

·Memformulasikan penilaian kinerja Vendor

·Mengembangkan Sistem Penilaian kinerja Vendor

·Mempelajari teknik pemeriksaan kualitas produk dengan metoda Acceptance Sampling Plan


Narasumber: 

Iwan Nova, MBA, CPIM, CSCP

Pengalaman 20 tahun dalam bidang manufacturing beberapa perusahaan MNC seperti Mitsubishi Electric, Sony, Mattel, Pirelli Cables. Lulus dari ITB Teknik Elektro dan mendapatkan MBA dari Monash University. Mendapatkan sertifikasi CPIM (Certified Production Inventory Management) dan CSCP (Certified Supply Chain Professional) yang dikeluarkan oleh APICS (Association for Operation Management - USA) pada tahun 2005. Pernah mengikuti berbagai short courses di manca negara seperti di Jepang, Amerika, Italy, Malaysia, dan China.  Ia telah memberikan berbagai topik training dalam area operation management di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun publik. 

Investasi

Rp. 2.850.000/ orang atau Rp. 5.500.000/ 2 orang


Registrasi dan Informasi

Hubungi            : Ms. Tina / Ms. Winda

Telp      : 021- 5250515

Email    : / [email protected]

Kata kunci: Training Organizers