Mahasiswa Tristar Culinary Institute Belajar Mengelola Hot Cafe

Oleh: Tristar Culinary Institute  18/03/2010
Kata kunci: kursus cara membuka cafe

Hot Cafe , yang berada di Food Court Royal Plaza lt 3 blok N1 no 17 adalah Cafe yang dikelola oleh mahasiswa Tristar Culinary Institute. Di Hot Cafe, mahasiswa  bisa praktek kerja langsung, mulai dari membuat daftar menu, membuat resep, belanja keperluan Cafe, preparation, sampai  mengolah masakan & menyajikan ke Tamu.

 Setelah Cafe menjelang tutup, mereka menghitung penghasilan yang masuk & stock bahan yang digunakan pada hari itu. Mahasiswa praktek langsung mengelola pembukuan Cafe & evaluasi hasil yang diperoleh, Tentunya di supervisi oleh dosen & asisten dosen untuk mencapai keberhasilan target yang diinginkan.

Setiap week end, mahasiswa juga diwajibkan menyajikan menu menu baru yang khusus disajikan pada hari Sabtu & Minggu. Hal ini untuk mengasah kreatifitas & inovasi mahasiswa untuk selalu melakukan uji resep resep baru.

Sering ditanyakan, mengapa mahasiswa perlu belajar cara melayani tamu di restoran atau cafe?  

Bukankah Tristar Culinary Institute mempersiapkan mereka untuk menjadi Executive Chef atau  menjadi pimpinan suatu Restoran, Cafe atau Bakery?

Simaklah jawaban berikut ini:

Service atau melayani tamu pada restoran sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu restoran. Kesan pertama seorang tamu saat memasuki ruang makan adalah kerapian dan keramahan para pramusaji atau waiter yang menyambut. Bagaimana cara mereka mempersilakan tamu mengambil  duduk, memberikan menu, mencatat pesanan, dan menjelaskan tentang makanan yang tertera pada menu bila ditanyakan. Mereka harus tahu cara meletakkan makanan dan minuman diatas meja.

Mereka harus tahu siapa diantara tamu semeja yang harus dilayani terlebih dahulu. Harus tahu tatacara mempersilahkan tamu makan, dan selalu siap untuk membantu  bila dibutuhkan. Harus tahu cara
menyerahkan bill dan membantu tamu yang siap membayar, dan mengucapkan terimakasih kepada mereka
saat mereka  meninggalkan ruang makan. Tamu yang puas atas layanan dan  atas makanan yang disajikan kemungkinan besar akan datang kembali, bahkan menjadi pelanggan tetap. Bukankah ini yang diharapkan oleh setiap restoran?

Jika Anda menjawab "ya", maka Anda sebagai pimpinan restoran harus bisa mendidik dan melatih para waiter, yang juga adalah anak buah Anda, agar mereka "bisa" memberikan pelayanan yang diharapkan oleh para tamu restoran. Itulah sebabnya mengapa para mahasiswa sebagai calon pimpinan harus belajar tentang teknik-teknik pelayanan yang baik sesuai standart industri jasa makan-minum atau food service industry.  

Kata kunci: kursus cara membuka cafe