IVR Telephony Business Solution

IVR Telephony Business Solution dari VoicePro Inc

Oleh: VoicePro Inc  10/06/2011
Kata kunci: Indonesia, Phone Banking, IVR Call Center System

Interactive Voice Responses (IVR) merupakan suatu sistem yang dapat digunakan untuk menerima dan menjawab setiap panggilan telepon secara otomatis. Petugas Operator hanya berperan bila perlu interaksi percakapan secara langsung, sehingga dapat lebih berkonsentrasi terhadap keluhan atau pembicaraan telepon yang urgent sifatnya. Dengan demikian perusahaan penyedia layanan customer service, dapat melakukan optimalisasi jumlah tenaga Operator, terutama untuk service dan pelayanan di malam hari.IVR adalah suatu alat yang sering di gunakan di perusahaan Bank, alat ini berfungsi sebagai penghubung antara Pabx dan server / data base yang salah satu fungsinya antara lain jika nasabah ingin mengetahui jumlah saldo tabungan, mentransfer uang, dll maka dengan mengikuti menu yang terprogram di IVR dan juga memasukan kode kartu ATM maka nasabah dapat mengetahui saldo tabungan tanpa bantuan operator Bank.dan alat ini biasanya bekerja selama 24 jam secara otomatis.

VoicePro adalah sistem aplikasi telekomunikasi yang dapat membantu system kerja pada suatu perusahaan maupun individu yang sangat bermanfaat bagi perusahaan itu sendri maupun pelayanan informasi yang didapatkan konsumen berupa suara maupun data. Sehingga dapat dirumuskan bahwa informasi yang didapatkan secara otomatis dan cepat diterima oleh konsumen dimana tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama tanpa harus menggunakan tenaga operator atau manual.

Saat ini sistem IVR dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan telepon dari pelanggan yg rutin sifatnya. Contohnya berapa jumlah tagihan rekening bulan ini, saldo rekening bank, suku bunga hari ini, harga hari ini, jumlah stock barang di gudang, nilai jual/beli valas dsb. Secara otomatis IVR akan menjawab & menterjemahkan data dari database dalam bentuk suara sehingga dapat didengar dan dimengerti oleh Customer. Tentu saja sistem IVR harus dibekali terlebih dahulu dgn library suara untuk menterjemahkan data-data tersebut dan mengkonversikan dalam bentuk suara. IVR akan sangat berguna utk mendukung operasi layanan CallCenter yg beroperasi selama 24 jam.

Kata kunci: Indonesia, IVR Call Center System, PABX Integration, Phone Banking,