Tenun Troso Jepara - Kain Kasmirah

Tenun Troso Jepara - Kain Kasmirah dari Pernik Antik

Oleh: Pernik Antik  04/07/2011
Kata kunci: kerajinan jepara, Kain Tenun Ikat Troso, Pernik Antik,

Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kaupaten Jepara adalah merupakan sentra kerajinan Tenun Ikat dan merupakan produk unggulan Kabupaten Jepara setelah industri mebel. Desa ini terletak sekitar 15 Km arah Tenggara Kota Jepara..

Banyaknya pengerajin yang berkebang saat ini mennjadikan Troso semakin dikenal luas sebagai clastre home industry kain ATBM ( alat tenun bujkan mesin ). Sesuai dengan perkembangan pasar, permintaan terhadap produk Tenun Ikat Troso pun semakin berkembang mengikuti permintaan konsumen. Motif khas yang bernuansa etnis, tradisional, klasik, dan unik pun masih dipertahankan disamping motif kontemporer modern. Produk yang dihasilkan antara lain Kain Sutra, Sajadah, Bed Cover, Blangket, Sarung, Kain, Mersis (bahan Baju dan Rok), Place met, Taplak Meja dan produk-produk menarik lainnya.

Apalagi masuknya inovasi baru berupa desain-desain baru dari perancang mode yang mudah diserap oleh para pengrajin,membuat Tenun Troso melejit mengungguli tenun ikat daerah lain. Namun sebelum sampai kondisi seperti sekarang ini, dalam setiap kesempatan para pengusaha Tenun Troso senantiasa diajak dan didorong untuk mengikuti berbagai macam pameran, baik yang dilakukan didalam maupu diluar negeri. Setelah serangkaian pameran yang disertai upaya peningkatan kualitas sesuai dengan permintaan pasar, industri ini semakin dikenal, bukan saja didalam negeri tetapi telah mulai menyibak pintu pasar internasional. Memang untuk merambah pasar internasional ini para pengusha masih mengandalkan pintu pasar Bali, dan beberapa Kota seperti Jogjakarta, Jakarta,Solo dan Pekalongan.

Kain tenun troso "Kasmirah" yang satu ini berbeda dengan kain yang lainnya karena bernuansa etnis. Di buat dengan bahan yang berkualitas, kain tenun ikat troso "Kasmirah" ini berbeda dengan kain jenis lainnya. Design kerajinan tangan dari jepara ini kami sebut dengan nama "Kasmirah", hampir sama dengan kain Sumirah cuma bedanya tidak ada motif diujungnya.

Lewat tangan-tangan pengrajin handal, kain ini dibuat dengan berbagai macam warna dan dijual per meter. Dan kami akan berikan garansi dengan penggantian barang jika barang tersebut luntur ketika dicuci.

Untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.pernikantik.com

Harga : Rp 90.000/meter

Kata kunci: Kain Tenun Ikat Troso, kerajinan jepara, Pernik Antik,