Tenun Troso Jepara

Tenun Troso Jepara dari galeri tenuntroso

Oleh: galeri tenuntroso  01/07/2011

Tenun Troso Jepara

Tenun Troso Jepara, adalah nama industri tenun di kota kecil yaitu Jepara. jepara selain terkenal dengan ukiran,  juga memiliki potensi yang menarik untuk dibicarakan. Itu tak lain ialah  sentra industri Tenun Troso Jepara yaitu di desa troso kecamatan pecangaan, sentra tenun troso kebanyakan masih menggunakan alat tradisional yaitu ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) didalam proses penenunan menjadi tenun troso jepara.

Tenun Troso Jepara

. Tentu menjadi kebanggaan bagi warga Jepara ketika kain Tenun Troso Jepara sangat laris dan terkenal di Bali. Namun rasa bangga itu harus ditepis ketika banyak pelancong mengira kain tenun troso jepara tersebut tidak diproduksi di Jepara, melainkan di Bali. Selain Bali, banyak dijumpai di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Lombok. Di daerah-daerah itu lebih dikenal dengan sebutan kain pelangi untuk kain tenun troso jepara.

Minat Tenun Troso Jepara

Tenun Troso Jepara. Sedangkan di Jepara sendiri, minat masyarakat terhadap kain tersebut masih minim. Bukannya mereka tidak mengenal, namun sempitnya wilayah pemasaran diduga sebagai sebab. Masyarakat Jepara di luar Desa Troso tidak akan mendapat kain  tenun troso jepara jika tidak langsung datang ke desa pembuatnya itu untuk membeli kain tenun troso jepara. Di pasar-pasar tradisional Jepara Jarang dijumpai penjual kain tenun troso. Bahkan, Pasar Pecangaan yang merupakan pasar kecamatan dari Desa Troso sendiri tidak menjualnya. Akibatnya, masyarakat Jepara lebih memilih pakaian produksi luar Jepara. Padahal kualitas Tenun Troso tak kalah dengan produk lain dari luar kota Jepara. Ini terjadi karena produk kain atau pakaian umum lebih mudah didapat di pasaran dari pada kain tenun troso jepara.