Sarung Goyor

Sarung Goyor dari galeri tenuntroso

Oleh: galeri tenuntroso  04/07/2011
Kata kunci: Tenun Troso


Sarung Goyor

Sarung Goyor, jenis kain sarung ini tentu sudah lekat dengan masyarakat di Indonesia.Kain panjang yang dijahit sisi-sinya sehingga membentuk tabung ini digunakan sebagai penutup bagian perut sampai mata kaki,dengan dililitkan.Sarung bisa digunakan laki maupun perempuan untuk kepentingan adat maupun keseharian. Pembuatan kain sarung biasanya menggunakan mesin maupun alat tenun bukan mesin (ATBM).  dan salah satu kain sarung yang dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin ialah Sarung Goyor.

Sarung Goyor

Mengapa disebut ?. Goyor dalam bahasa Jawa artinya lembek karena jika digunakan kainnya jatuh,l embek tidak kaku makanya disebut Sarung Goyor. Adapula yang menyebut kain Pyur artinya pun sama. Jenis kain  yang adem ini jika tentu cocok untuk masyarakat Indonesia yang berada di kawasan tropis yang  bersuhu panas. Tegal adalah salah satu daerah yang masih memproduksi jenis kain ini. Pemasaran Sarung Goyor sudah mencapai daerah Gresik,Surabaya,Jakarta dan Jogja bahkan sudah di export ke Afrika dan Arab Saudi.

Proses Sarung Goyor

Proses pembuatan kain sarung goyor yang membutuhkan waktu yang panjang  membuat hasil produksinya terbatas, namun tetap diminati karena keunikan motifnya dan jenis kain yang nyaman dipakai. Ada sekitar 18 langkah untuk membuat kain ini sampai ke konsumen waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu.Emm…cukup panjang bukan?!Tapi ada hal yang perlu menjadi catatan bahwa dengan panjangnya proses pembuatan kain ini disadari bahwa kain ini telah membuka luas lapangan pekerjaan bagi 18 orang yang terlibat dalam 18 proses pembuatan sarung.Sarung goyor ini telah diproduksi secara turun temurun oleh penduduk Troso Jepara.

Kata kunci: Tenun Troso