Lurik

Lurik dari galeri tenuntroso

Oleh: galeri tenuntroso  01/07/2011
Kata kunci: Tenun Troso


Lurik

Lurik adalah jenis bahan khas nusantara yang melewati beberapa  proses penenunan dalam pembuatannya. proses Lurik Setelah diberi warna, benang-benang ditenun dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) oleh pengrajin lurik.

Lurik si Kain Bergaris-garis

ini sering disebut si kain bergaris-garis, dengan ciri khas tersebut, tentu banyak orang dapat membedakan jenis kain lainnya dengan kain lurik

Salah satu contoh lurik adalah seperti pada gambar di atas:

Lurik Dengan Berbagai Ragam

Lurik, Jika dulu yang biasa dibayangkan orang tentang lurik adalah sebatas kain garis-garis dengan warna-warna dasar seperti coklat, hitam, dan putih, kini sudah tidak begitu lagi keadaannya. Lurik kini memiliki ragam warna yang kaya. Seperti contohg di atas, warnanya berkisar antara pink, ungu, hijau muda, dan banyak lagi warna-warna lainnya yang indah-indah.

Pada sebuah artikel di Fashionesedaily.com tentang lurik, dijelaskan bahwa lurik telah ada di jawa sejak zaman pra sejarah. Salah satu pembuktiannya adalah pada Prasasti peninggalan kerajaan Mataram (851-882 M) yang menunjukkan adanya kain lurik pakan malang.

Dalam artikel tersebut juga dijelaskan bahwa kata lurik berasal dari bahasa Jawa kuno lorek yang berarti lajur atau garis, belang dapat pula berarti corak.

Selain sebagai busana, lurik juga kerap diaplikasikan pada unsur fashion lainnya seperti pada tas ataupun dompet. Sementara itu untuk mempercantik tampilan placemat juga bisa mempergunakan kain Lurik.

Kata kunci: Tenun Troso