Kain Sutra

Kain Sutra dari galeri tenuntroso

Oleh: galeri tenuntroso  01/07/2011
Kata kunci: Kain Sutra

Kain Sutra

kain sutra di tengah gempuran produk China, produk kain sutra dari pengrajin lokal justru diakui lebih berkualitas. Bahan baku tekstil sutra asal desa troso Kabupaten jepara jawa tengah dinilai lebih baik mutunya ketimbang China, karena lebih bertekstur. desa troso Kabupaten jepara bisa memproduksi kain sutra ATBM (alat tenun bukan mesin) untuk bahan baku tenun sutra, kualitasnya bagus dibandingkan China karena ada teksturnya dalam produksi kain sutra.

Kain Sutra

, Produksi kain sutra di troso masih minim. dikarnakan masalah di budidaya kokon (kepompong sutra) sehingga produksi masih belum terlalu banyak ,itu hanya memasok beberapa persen dari kebutuhan nasional setiap tahunnya. Kesulitan pengembangan kokon dikarenakan masih dibudidaya di rumah-rumah, padahal agar produksinya massal harus dibudidayakan di kebun yang luas biar dapat hasil banyak dalam sutra.

Potensi Kian Sutra

Potensi Kain Sutra, Kita masih punya potensi besar untuk pengembangan sutra di troso. Ini tantangan kita untuk mengembangkan, kalau tidak nanti diisi oleh sutra Thailand dan China, Tak hanya pengrajin troso, pembatik dari Pekalongan dan yogyakarta juga menggunakan dalam kwalitas produksinya dengan memproduksi kain sutra.

Kata kunci: Kain Sutra