Hidrodinamika (Mekanika Fluida) Air Untuk Sistem Pompa – 1 (Pentingnya ukuran pipa yang tepat)

Hidrodinamika (Mekanika Fluida) Air Untuk Sistem Pompa – 1 (Pentingnya ukuran pipa yang tepat) dari Esparindo Dayamegah

Oleh: Esparindo Dayamegah  07/11/2012
Kata kunci: pompa, Pompa air, Pompa Industri

Kami akan secara teratur membahas mengenai dasar-dasar hidrodinamika air untuk sistem pemompaan. Pembahasan hidrodinamika ini akan berfokus pada mekanika fluida aliran air pada pipa. Kami akan mencoba membahas artikel ini sesederhana mungkin agar dapat dipahami oleh khalayak ramai yang tidak memiliki latar belakang teknis.

Artikel ini kami akan membahas miskonsepsi (kesalahpahaman) yang sangat umum terjadi pada pemipaan. Pada umumnya sebagian besar masyarakat (orang awam) selalu mempunyai persepsi “Dengan memperkecil ukuran pipa akan meningkatkan tekanan air”. Dengan sangat menyesal kami harus mengatakan bahwa pendapat tersebut adalah salah besar. Setelah puluhan tahun bergerak di bidang pompa, kami telah banyak mendengar penjelasan dari client maupun melihat langsung kesalah-pahaman ini di lapangan.

Mengapa kesalahan ini sering terjadi? Hal ini dikarenakan pada umumnya masyarakat mengacu pada prinsip selang air. Mereka berpendapat bahwa bila ujung selang ditekan dengan jari, biasanya akan terasa aliran air lebih kencang saat keluar dari selang dan dapat menyembur lebih jauh. Maka sangat logis bila orang berasumsi dengan mengecilkan ukuran pipa maka tekanan air akan kencang seperti halnya dalam prinsip selang yang ditekan yang tentu saja tidak benar.

Kami akan memberikan beberapa penjelasan kepada anda mengapa memperkecil ukuran pipa tidak bisa meningkatkan tekanan air.

I. Prinsip Bernoulli

Pada Pipa Penjelasan paling sederhana adalah menggunakan Prinsip Bernoulli yang ditemukan oleh Daniel Bernoulli pada tahun 1738. Dalam keadaan ideal, Bernoulli menyatakan bahwa ketika kecepatan cairan pada suatu penampang (pipa) bertambah, maka tekanan cairan tersebut akan berkurang. Saat luas penampang pipa diperkecil, tekanan air berkurang dan kelajuan (kecepatan) air meningkat. Dan sebaliknya saat luas penampang pipa diperbesar, tekanan meningkat dan kelajuan (kecepatan) air berkurang. Jelas terlihat berdasarkan Prinsip Bernoulli bahwa bila luas penampang diperkecil maka yang meningkat adalah kelajuan air dan bukan tekanannya. hal ini disebabkan oleh Efek Venturi. Efek Venturi, sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi menyatakan bahwa kecepatan suatu cairan akan bertambah ketika melewati ruang yang lebih sempit guna mempertahankan debit (kapasitas per satuan waktu) cairan tersebut sehingga tekanan cairan saat melewati ruang yang lebih sempit tersebut harus turun akibat perubahan energi dari energi potensial tekanan menjadi energi kinetik.

Kami rasa dengan adanya Prinsip Bernoulli dan Efek Venturi yang tergolong ilmu fisika yang menjadi bagian dari hukum alam ini akan membantu para pembaca untuk menjelaskan kesalah-pahaman yang sudah terjadi.
 
II. Pengaruh Gaya Gesek (Friction Loss)

Pada Pipa Pembahasan sebelumnya yang menggunakan asas Prinsip Bernoulli berdasarkan kondisi ideal. Tentu saja pada kenyataannya tidak ada kondisi ideal. Oleh karena itu kami akan membahas mengenai pengaruh gaya gesek cairan dengan pipa penampangnya. Semua cairan yang terdapat di dunia ini saat bergerak akan menimbulkan gaya gesek dengan penampangnya. Dalam hal ini kita ambil contoh air. Saat air bergerak berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui pipa, maka akan timbul gaya gesek antara cairan tersebut dengan pipa tersebut. Semakin tinggi kelajuan (kecepatan) pergerakan air tersebut, maka makin tinggi juga gaya gesek cairan dengan pipa.

Apa itu gaya gesek (friction loss)? Harap diperhatikan istilah Inggris yang tepat untuk gaya gesek adalah friction force. Tetapi untuk pemipaan ini digunakan istilah friction loss. Dan friction loss ini merupakan bagian dari Head Loss dari suatu sistem pemipaan. Arti sederhana gaya gesek adalah suatu gaya yang melawan laju aliran dari suatu cairan yang mengalir. Dalam halnya pipa di air, gaya gesek pipa di air akan melawan laju aliran air sehingga kelajuan (kecepatan) air akan berkurang yang secara otomatis nilai tekanan air juga berkurang. Di dalam kehidupan kita sehari-hari gaya gesek terdapat di mana saja. Mulai dari ban mobil yang bergerak, mendorong peti di atas lantai, maupun aliran air pada pipa.

Dengan meningkatnya debit (kapasitas/satuan waktu) dari air, maka nilai gaya gesek tersebut juga naik. Gaya gesek yang meningkat akan menyebabkan total tekanan air pada pipa semakin berkurang.

III. Kesimpulan Bila prinsip gaya gesek ini kita gabungkan dengan Prinsip Bernoulli maka anda akan melihat secara jelas bahwa memperkecil ukuran pipa TIDAK akan menaikan tekanan air pada pipa. Yang terjadi malah sebaliknya, memperkecil ukuran pipa AKAN menurunkan tekanan air pada pipa! Hal ini dikarenakan memperkecil ukuran pipa akan menurunkan tekanan dan ditambah karena kelajuan (kecepatan) air yang meningkat akan menyebabkan gaya gesek pipa pada air juga meningkat. Tekanan air yang telah menurun karena pengecilan pipa (sesuai dengan Prinsip Bernoulli) ditambah dengan gaya gesek (friction loss) air dengan pipa akan menyebabkan tekanan total air pada pipa akan berkurang secara drastis! Oleh karena itu ukuran pipa harus disesuaikan dengan kondisi lapangan, debit air yang mengalir dan jalur pipa yang ada. Kami di PT Esparindo Dayamegah akan memberikan rekomendasi ukuran pipa yang sesuai dengan kebutuhan client kami.

Semoga informasi ini pada artikel ini akan bermanfaat kepada para pembaca sekalian dan membantu menuntaskan masalah yang timbul dikarenakan kurangnya tekanan pada pipa yang kekecilan.

Karena keterbatasan Hotfrog saat ini yang tidak bisa memuat banyak foto dalam satu artikel, apabila anda hendak melihat artikel yang disertai gambar serta diagram, kami sarankan anda untuk mengcopy lalu meng-pastekan tautan (link) ini pada bagian web address browser link berikut ini:
esparindopump.blogspot.com/2012/09/hidrodinamika-mekanika-fluida-air-untuk.html

Bagi para pembaca yang hendak menggunakan isi artikel ini, kami mohon kesudiaannya memberikan referensi ke blog kami ini. Terima kasih.

Kata kunci: pompa, Pompa air, Pompa Booster, Pompa Celup, Pompa Dosing, Pompa Industri, Pompa Keong, Pompa kimia, Pompa Kolam, Pompa Oli, Pompa Tambak, Pompa Transfer Solar,

Lain produk dan layanan dari Esparindo Dayamegah

Mozaik Kaca Untuk Kolam Renang Dan Interior Rumah dari Esparindo Dayamegah thumbnail
15/03/2014

Mozaik Kaca Untuk Kolam Renang Dan Interior Rumah

Mozaik Kaca Untuk Kolam Renang Dan Interior Rumah dengan merek Ezarri buatan Spanyol. Mozaik kaca ini akan memberikan kesan mewah dengan harga yang cukup bersaing.


Penjernih Kolam Renang Tanpa Kaporit dari Esparindo Dayamegah thumbnail
08/03/2014

Penjernih Kolam Renang Tanpa Kaporit

Alat Penjernih kolam renang atau alat sterilisasi kolam renang yang tidak menggunakan kaporit. Alat ini hanya beroperasi selama beberapa jam setiap harinya sehingga menghemat energi.


17/06/2013

Esparindo Menghadiri Pameran Indonesia Building Technology 2013

Pameran Indonesia Building Technology 2013 Yang Dihadiri PT Esparindo Dayamegah


Pompa Kimia Regaline dari Esparindo Dayamegah thumbnail
16/04/2013

Pompa Kimia Regaline

Pompa Kimia Untuk Pemakaian Zat Kimia Keras Atau Air Laut


Pompa Celup Flygt Untuk Aplikasi Pertambangan dari Esparindo Dayamegah thumbnail
20/03/2013

Pompa Celup Flygt Untuk Aplikasi Pertambangan

Pompa Celup Flygt Untuk Pengurasan Tambang Tersedia Di PT Esparindo Dayamegah


Pompa Celup Homa Yang Digunakan PT Aetra Air Jakarta dari Esparindo Dayamegah thumbnail
10/01/2013

Pompa Celup Homa Yang Digunakan PT Aetra Air Jakarta

PT Aetra Air Jakarta Menggunakan Pompa Celup HOMA Buatan Jerman Karena Kualitasnya Yang Unggul


Kumpulan Artikel Teknis Mengenai Pompa Air, Pemipaan Dan Kelistrikan dari Esparindo Dayamegah thumbnail
07/11/2012

Kumpulan Artikel Teknis Mengenai Pompa Air, Pemipaan Dan Kelistrikan

Kumpulan Artikel Mengenai Pompa Air Dan Pemipaan Untuk Segala Aplikasi


Air Mancur Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta dari Esparindo Dayamegah thumbnail
20/10/2012

Air Mancur Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta

Air mancur indah nan elegan di Terminal 2F Bandara Udara Soekarno Hatta


Air Mancur Apartemen Cervino, Tebet dari Esparindo Dayamegah thumbnail
11/08/2012

Air Mancur Apartemen Cervino, Tebet

Air Mancur Klasik Yang Sangat Indah Di Apartemen Cervino, Tebet


Menyediakan Produk Spa Merek Fluvo Dari Jerman dari Esparindo Dayamegah thumbnail
17/04/2012

Menyediakan Produk Spa Merek Fluvo Dari Jerman

PT Esparindo Dayamegah menyediakan peralatan spa dari Jerman merek Fluvo berkualitas tinggi


Jacuzzi Portabel Buatan Amerika Serikat dari Esparindo Dayamegah thumbnail
05/04/2012

Jacuzzi Portabel Buatan Amerika Serikat

Jacuzzi portabel dengan fitur lengkap telah tersedia di Indonesia dengan kualitas buatan Amerika Serikat


Blog PT Esparindo Dayamegah yang membahas khusus mengenai air mancur dari Esparindo Dayamegah thumbnail
20/01/2012

Blog PT Esparindo Dayamegah yang membahas khusus mengenai air mancur

Blog lengkap berisi informasi mengenai air mancur di Indonesia


Air mancur mengapung (Floating Fountain) dari Esparindo Dayamegah thumbnail
07/01/2012

Air mancur mengapung (Floating Fountain)

Air mancur mengapung (Floating Fountain) terbaik di dunia telah hadir di Indonesia dan tersedia di PT Esparindo Dayamegah


Air Mancur Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemenlu Fountain) dari Esparindo Dayamegah thumbnail
06/01/2012

Air Mancur Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemenlu Fountain)

Air mancur Kementrian Luar Negeri Indonesia yang selesai dipasang pada awal bulan Januari 2012